RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Model Pembelajaran Keterampilan
Proses Sains
Mata Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
: III/1
Materi : Lingkungan Sehat
dan Lingkungan Tidak Sehat
Tujuan Pembelajaran : 1.Menggambarkan
ciri-ciri lingkungan yang sehat dan
lingkungan tidak sehat.
2.Mendeskripsikan
kondisi lingkungan yang
berpengaruhterhadap
kesehatan.
3. Menjelaskan
cara menjaga kesehatan lingkungan.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru masuk kelas mengucapkan
salam.
2.
Guru meminta salah satu siswa
memimpin doa sebelum pemebelajaran dimulai.
3.
Guru menanyakan kabar siswa dan
melakukan presensi.
4.
Guru mengajak siswa untuk
semangat pagi.
5.
Memberikan cerita – cerita
teladan untuk menanamkan nilai – nilai krakter.
6.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dipelajari.
7.
Menyampaikan cakupan materi
secara singkat
|
5
Menit
|
Inti
|
A.
Mengamati/ Observasi (5 panca
indera)
1. Guru
menampilkan gambar – gambar lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
melalui slide (power point).
B.
Klasifikasi/ Pengelompokan
1. Mengklasifikasikan
gambar berdasarkan lingkungan sehat dan lingkungan yang tidak sehat yang
ditampilkan guru melalui slide (power point).
C.
Interpretasi
1. Guru
membuat tabel di papan tulis tentang pengelompokan / klasifikasi yang
termasuk lingkungan sehat dan lingkungan yang tidak sehat melalui gambar yang
telah ditampilkan.
D.
Prediksi
1. Memperkirakan
mana yang baik untuk kesehatan.
2. Kira
– kira makhluk hidup akan lebih nyaman tinggal pada lingkungan yang bagaimana.
E.
Mengajukan Pertanyaan
1. Pernahkah
kalian membuang sampah sembarangan?
2. Coba
pikirkan mengapa membuang sampah disungai bisa menyebabkan banjir?
F.
Hipotesis
1. Siswa
menjawab dengan berbagai variasi jawaban menurut pengetahuan mereka sendiri.
G.
Percobaan
1. Melakukan
percobaan atas prediksi yang telah dikemukakan dengan cara guru :
Menampilkan gambar –
gambar dan orang yang membuang sampah disungai, sambil guru menjelaskan.
Sampah yang dibuang
disungai akan menghambat aliran sungai tersebut, sehingga aliran menjadi
tersendat. Sampah yang dibuang tidak mudah untuk mengurai, bahkan akan
menggunung sehingga menyebabkan sungai semakin dangkal dan menyempit. Ketika
hujan turun, sungai tidak mampu menampung volume air hujann akibat
pendangkalan. Akhirnya air naik ke permukaan dan mengakibatkan banjir.
H.
Menerapkan Konsep
Dengan
cara mengamati gambar dan video yang disajikan oleh guru dan siswa akan
menghubungkannya dengan keadaan lingkungan sekitarnya.
I.
Menyimpulkan
Menyimpulkan
pembelajaran atau kesimpulan sederhana dari Pembelajaran KPS yang telah
dilaksanakan.
J.
Mengkomunikasikan
Guru
memberi tahu pada siswa bahwa harus menjaga lingkungan agar sehat. Guru
mengajak siswa untuk melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah
Sebagai perwujudan dari keterampilan siswa.
|
60
Menit
|
Penutup
|
1.
Guru menyimpulkan dan memeberi penguatan konsep
terhadap materi yang telah dipelajari.
2.
Bertanya jawab dengan siswa
tentang materi yang sudah dipelajari dan memberi kesempatan siswa yang belum paham
untuk bertanya.
3.
Melakukan evaluasi dengan
memberikan siswa soal – soal terkait materi.
4.
Memberikan tugas atau pekerjaan
rumah kepada siswa untuk memilih salah satu contoh lingkungan yang tidak
sehat dan bagaimana cara mengatasinya (solusi).
5.
Menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
6.
Menutup pembelajaran dengan
berdoa.
|
5
Menit
|
bukankah yang seharusnya melakukan kegiatan pembelajaran adalah siswa, dan guru hanya sebagai fasilitator.. contoh pada kegiatan menyimpulkan, seharusnya siswa yang melakukan menyimpulkan sendiri,, jika terdapat kesalahan, baru guru memperbaiki/ konfirmasi
BalasHapus