Sabtu, 28 Juni 2014

Contoh RPP IPA SD Model Pembelajaran Keterampilan Proses Sains

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Model Pembelajaran Keterampilan Proses Sains
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester              : III/1
Materi                           : Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat
Tujuan Pembelajaran     : 1.Menggambarkan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan
                                           lingkungan tidak sehat.
2.Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang
   berpengaruhterhadap kesehatan.
3. Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan.

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru masuk kelas mengucapkan salam.
2.      Guru meminta salah satu siswa memimpin doa sebelum pemebelajaran dimulai.
3.      Guru menanyakan kabar siswa dan melakukan presensi.
4.      Guru mengajak siswa untuk semangat pagi.
5.      Memberikan cerita – cerita teladan untuk menanamkan nilai – nilai krakter.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari.
7.      Menyampaikan cakupan materi secara singkat
5 Menit
Inti
A.    Mengamati/ Observasi (5 panca indera)
1.      Guru menampilkan gambar – gambar lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat melalui slide (power point).
B.     Klasifikasi/ Pengelompokan
1.      Mengklasifikasikan gambar berdasarkan lingkungan sehat dan lingkungan yang tidak sehat yang ditampilkan guru melalui slide (power point).
C.     Interpretasi
1.      Guru membuat tabel di papan tulis tentang pengelompokan / klasifikasi yang termasuk lingkungan sehat dan lingkungan yang tidak sehat melalui gambar yang telah ditampilkan.
D.    Prediksi
1.      Memperkirakan mana yang baik untuk kesehatan.
2.      Kira – kira makhluk hidup akan lebih nyaman tinggal pada lingkungan yang bagaimana.
E.     Mengajukan Pertanyaan
1.      Pernahkah kalian membuang sampah sembarangan?
2.      Coba pikirkan mengapa membuang sampah disungai bisa menyebabkan banjir?
F.      Hipotesis
1.      Siswa menjawab dengan berbagai variasi jawaban menurut pengetahuan mereka sendiri.
G.    Percobaan
1.      Melakukan percobaan atas prediksi yang telah dikemukakan dengan cara guru :
Menampilkan gambar – gambar dan orang yang membuang sampah disungai, sambil guru menjelaskan.
Sampah yang dibuang disungai akan menghambat aliran sungai tersebut, sehingga aliran menjadi tersendat. Sampah yang dibuang tidak mudah untuk mengurai, bahkan akan menggunung sehingga menyebabkan sungai semakin dangkal dan menyempit. Ketika hujan turun, sungai tidak mampu menampung volume air hujann akibat pendangkalan. Akhirnya air naik ke permukaan dan mengakibatkan banjir.
H.    Menerapkan Konsep
Dengan cara mengamati gambar dan video yang disajikan oleh guru dan siswa akan menghubungkannya dengan keadaan lingkungan sekitarnya.
I.       Menyimpulkan
Menyimpulkan pembelajaran atau kesimpulan sederhana dari Pembelajaran KPS yang telah dilaksanakan.
J.       Mengkomunikasikan
Guru memberi tahu pada siswa bahwa harus menjaga lingkungan agar sehat. Guru mengajak siswa untuk melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah Sebagai perwujudan dari keterampilan siswa.
60 Menit
Penutup
1.      Guru  menyimpulkan dan memeberi penguatan konsep terhadap materi yang telah dipelajari.
2.      Bertanya jawab dengan siswa tentang materi yang sudah dipelajari dan memberi kesempatan siswa yang belum paham untuk bertanya.
3.      Melakukan evaluasi dengan memberikan siswa soal – soal terkait materi.
4.      Memberikan tugas atau pekerjaan rumah kepada siswa untuk memilih salah satu contoh lingkungan yang tidak sehat dan bagaimana cara mengatasinya (solusi).
5.      Menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
6.      Menutup pembelajaran dengan berdoa.
5 Menit



1 komentar:

  1. bukankah yang seharusnya melakukan kegiatan pembelajaran adalah siswa, dan guru hanya sebagai fasilitator.. contoh pada kegiatan menyimpulkan, seharusnya siswa yang melakukan menyimpulkan sendiri,, jika terdapat kesalahan, baru guru memperbaiki/ konfirmasi

    BalasHapus